Jumat, 14 Agustus 2015

Mencegah Penipuan Online Shop

Bisnis penjualan online memang sesuatu yang bisa sangat menguntungkan dan memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Coba bayangkan bagaimana reputasi sebuah web penjualan online yang sudah terkenal mendapatkan keuntungan dalam sehari? Sangat fantastis angkanya jika anda mau mencoba mengerti. Kita contohkan saya website seperti amazon, ebay, dealextreme, dhgate, dan tokobagus. Dalam sehari omzet mereka bisa ratusan juta atau mungkin milyaran, sungguh fantastis bukan?
Namun bukan itu yang akan kita bahas hari ini, yang akan kita bahas adalah bagaimana mengindari penipuan online dengan mengenali ciri-ciri nya. Kasus penipuan paling banyak terjadi adalah pada penjualan melalui situs jejaring facebook, kasus penipuan kedua banyak terjadi pada forum kaskus. Kenapa para penipu memilih media ini? karena media ini bersifat anonim, siapa saja bisa menulis dan menginformasikan sesuatu dengan bebas disana. Ciri-ciri yang paling umum/banyak ditemukan pada jenis penipuan adalah :
  1. Harga barang sangat jauh dengan harga pasaran. Misalnya sebuah barang yang berharga 3JT menjadi 1,5JT.
  2. Testimonial pembeli yang berlebihan, namun hanya monoton pada produk yang dijual oleh penjual/seller. Misalnya wah barangnya bagus bang, ya ampun bagusnya!, barang sudah saya terima, bagus!, wow barang ajaib!, dan lain sebagainya.
  3. Penjual tidak pernah mau bertransaksi secara langsung dengan pembeli (kita kenal dengan istilah COD, COD sendiri artinya cash on delivery yang berarti kita membayar ketika barang sampai di tujuan/kita terima).
  4. Penjual yang ingin menipu biasanya menipu dengan memberikan alamat toko dan informasi lainnya (untuk meyakinkan pembeli seolah mereka adalah merchant besar). Namun ingat kalau anda punya kenalan di kota yang sama cobalah minta tolong pada kenalan anda untuk memeriksa alamat tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi

Berikut adalah tips umum bagaimana cara menghindari penipuan online.
  1. Kalau kalian bertransaksi di kaskus usahakan menggunakan jasa rekening bersama, namun ini juga tidak menjamin 100% uang anda akan aman bisa saja (dan sudah sering) justru jasa rekening bersama terlibat penipuan dan bukan tidak mungkin dia akan bekerja sama dengan penjual/seller yang bermasalah. tapi perlu di ingat saya sebutkan TIDAK SEMUANYA. Untuk pembelian global sebaiknya menggunakan PayPal karena mereka lebih menjamin kepuasan pada pembeli, jika anda tidak puas anda bisa meminta uang anda kembali dan PayPal akan membantu anda semaksimal mungkin.
  2. Hindari barang yang memiliki patokan harga terlalu jauh dari pasaran. Sifat normal manusia pada umumnya ingin mendapatkan produk bagus dengan harga yang semurah mungkin. Ini dimanfaatkan oleh beberapa oknum, memancing nafsu normal manusia untuk masuk kedalam jebakan. Kita harus jeli tidak semua produk yang harganya murah pasti penipuan tetapi pada umum jawabannya adalah IYA.
  3. Usahakan transaksi dengan orang terdekat di kota anda! Bukan apa-apa jika ada sesuatu yang terjadi anda masih bisa mengejar orang tersebut karena lokasinya tidak terlalu jauh. Namun ini tidak menjamin bisa saja alamat penjual adalah fiktif.
  4. Jika membeli jangan menilai semuanya hanya dari testimonial/review. Memang sebuah produk jika memiliki testimonial atau review akan semakin menarik untuk dibeli namun ingat, ini adalah dunia maya! dimana satu orang bisa menjadi banyak orang… bisa saja sang penjual yang menulis sendiri testimonial atau review produk itu!
  5. Belilah pada orang yang bisa dipercaya. Saya contohkan disini amazon, ebay, dhgate, dealextreme dan lain sebagainya. Anda juga harus yang terkandung didalam sebuah situs tentang bagaimana jaminan yang mereka berikan, apakah mereka akan memberikan pengembalian uang jika terjadi penipuan, apakah mereka bertanggung jawab penuh atas semua kontent pada situs mereka dan lain sebagainya.
  6. Jika produk yang anda inginkan mudah di temukan di toko offline sebaiknya belanjalah langsung di toko offline.
  7. Jangan terbuai dengan janji dan statement seller, bahkan jika itu keluar dari mulut seller sendiri. Misalnya anda menelpon seller kemudian dia memberikan garansi seperti “silahkan tuntut saya jika saya menipu“. UU untuk menuntut penipuan online saat ini belum ada jadi anda harus jeli! belum lagi jika alamat yang diberikan fiktif maka anda akan pusing dibuatnya.
  8. Jangan pernah mau membeli sesuatu dengan memberikan DP (uang muka) sudah jelas posisi ini akan merugikan anda dan anda akan menyesal seumur hidup.
  9. Jika ingin mencoba sebaiknya belilah barang dengan harga termurah, jika dikirim maka jangan langsung nilai penjual adalah orang yang jujur tapi ulangi terus menerus jika memang penjual berniat baik maka barang anda akan terus dikirim tanpa ada masalah. Namun ingat jaman sekarang ada banyak trik dan cara penipu memancing pembeli jadi anda juga harus jeli menilai tingkah laku seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar